Minggu, 14 Oktober 2012

MAJAS karya sastra Indonesia



MAJAS
Dalam karya sastra merupakan gaya bahasa perbandingan,untuk lebih jelasnya silahkan membaca jenis majas-majas di bawah ini.

METAFORA : Gaya bahasa perbandingan yang melukiskan suatu benda dengan benda lain karena mempunyai sifat yang sama.ex : dewi malam telah keluar dari balik awan,kelereng matanya berbicara kecil tentang perjalanan hidupnya,luka mengintai,duka membantai dll.
PERSONIFIKASI : gaya bahasa perbandingan yang membandingkan benda mati seolah-olah hidup dan berperilaku seperti manusia.ex : angin berbisik,rambutnya seakan menari,ombak yang berkejaran dll.
ASOSIASI : membandingkan suatu keadaan lain yang sesuai dengan keadaan atau gambaran dan sifatnya.ex : semangatnya keras bagaikan baja,pendiriannya bagai paku langit yang menancap dan tak tergoyah angin kencang dll.
ALEGORI : memperlihatkan perbandingan utuh,perbandingan itu membentuk satu kesatuan yang menyeluruh.ex : perkawinan : perjalanan mengarungi samudra hidup,pernikahan tak ubahnya perjudian yang di hadapi dalam perjalanannya ke depan dll.
METONIMIA : mengemukakan merk dagang atau nama barang umtuk melukiskan sesuatu yang di gunakan sehingga kata ini berasosiasi dengan benda keseluruhan.ex : pak haji beli sanyo,larasati memilih adidas untuk anaknya,andy beli Philip untuk kamarnya.
Demikian yang bisa saya uraikan tentang majas yang sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis majas.walaupun tulisan saya kurang lengkap saya berharap semoga tulisan tersebut bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar