Rabu, 20 November 2019




Aku, Festival Media Aji, Jambi 2019


Reklame, Festival Media Aji, Jambi 2019. Sabtu (16/11/2019)
Foto : Andik Saputra.

Pertama kali aku bertemu dengan Festival Media Aji, 2013. Waktu itu acaranya berlangsung di Yogyakarta. Banyak acara keren dan seru. Ada pameran stand dari perwakilan AJI setiap provinsi. Ada pelatihan, seminar, dan lain sebagainya.
2014, Festival Media Aji pindah ke Surabaya. Aku pun yang masih di Yogyakarta berkunjung ke sana. Dua malam aku istirahat di masjid. Acaranya tak berbeda jauh dengan di Yogyakarta. Keren dan seru.
2015 ada di Riau, 2016 di Jakarta Selatan, 2017 di Surakarta, 2018 di Pontianak. Aku tidak hadir. Lantaran, terlalu sibuk dengan diri sendiri. Dan, beberapa waktu yang lalu. Acaranya di Jambi. Tentu saja, aku mengusahakan untuk datang.
Berangkat lepas shubuh, dari Riau menuju kota Jambi. Karna ada beberapa masalah di jalan. Aku tiba di tempat acara hampir jam dua belas siang. Jadinya, aku ketinggalan talkshow Pemeliharaan Cagar Budaya di Era Big Data.
Beberapa menit lepas sembahyang dhuhur dan makan siang. Aku mengikuti workshop Meliput Isu Lingkungan : Hutan dan Eksistensi Orang Rimba. Pembicara, Irma Tambunan dan Robert Aritonang. Dan, ternyata aku baru tahu tentang Suku Anak Dalam, yang tinggal di hutan Jambi. Hutan mereka mulai habis. Karna pembangunan dan perkebunan.
Workshop selanjutnya, Bincang Vlog, pembicara Phesi Ester Julikawati. Ia menyarankan agar menjadikan diri kita siapa dulu. Sebelum terjun ke dunia vlogger. Berangkat dari yang kita sukai bila hendak membuat konten.
Untuk hari pertama Festival Media Aji, Jambi 2019. Ada banyak acara. Dan, kita harus pilih yang mana. Untuk hari kedua, aku mengikuti workshop UMKM Digital Marketing. Pembicara Michael Say (VP Corporate Affairs Gojek). Aku mencatat beberapa hal darinya. Antara lain, jeli melihat peluang dan cepat memanfaatkan peluang tersebut. Siapa pelanggan kita? Bagaimana kita mau jualan?
Apapun bisnis kita, manfaatkan teknologi. Hemat waktu, tekan biaya, perbaiki layanan, lebih akuntabel, promosi dan penjualan, dapatkan reputasi. Lepas acara, aku mengunjungi stand Aji Jakarta, Aji Lampung, Aji Pontianak, dan stand-stand lainnya. Terima kasih, Festival Media Aji, Jambi 2019. Dan untuk kawan-kawan Aliansi Jurnalis Indonesia. Semoga mengawal kebijakan, agar tetap pada kebenaran dan kejujuran. Sekali lagi terimakasih untuk seluruh Aliansi Jurnalis Indonesia.




Stand AJI Pontianak.


Stand AJI YOGYAKARTA.


Workshop Hutan dan Eksistensi Orang Rimba.


Lelaki berkaos hitam dan orange, kawan dari orang rimba.


Tambah pengetahuan, dari Irma Tambunan dan Robert Aritonang.


Semacam kariaktur sindirian politik.


Pameran foto.


Workshop UMKM dan Digital Marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar