Kamis, 05 Desember 2013


Judul : Mimpi
Penulis : Maeve Ennis dan Jennifer Parker
Penerbit : Erlangga
Tebal : 192 hal

Kita menghabiskan sekitar 30% hidup kita dalam keadaan tidur, dan sekitar 25% dari waktu itu dihabiskan dengan bermimpi. Artinya, manusia rata-rata manusia menghabiskan 20-25 tahun tidur dan 5-7 tahun bermimpi. Bagi sebagian orang, tidur mungkin seperti menyia-nyiakan waktu. Namun, kenyataannya kita memerlukan tidur dalam jarak waktu yang teratur. Tidak baik bagi tubuh bila kita tidur empat jam pada suatu malam dan kemudian tidur 15 jam malam berikutnya.
Seperti itulah, sebagian gambaran yang ada pada buku ini. buku ini mengajak kita untuk merenungi hal-hal yang berkaitan dengan mimpi. Misalnya, dalam tidur berharap untuk bermimpi, ketertarikan terhadap mimpi, mimpi yang nyata, mimpi kreatif, jalan menuju interpretasi mimpi, tema-tema mimpi dan lain sebagainya. Mimpi merupakan ekspresi dari dunia nyata, sehingga informasi yang masuk kedalam mimpi sebagian berasal dari dunia nyata. Sebuah buku yang menambah wawasan tentang dunia mimpi.
Mimpi kelihatannya memang melakukan semacam fungsi proses emosional. Mereka menghadirkan sebuah area lain di mana kita dapat mengahadapi ketakutan-ketakutan bawah sadar selama masih dalam pelukan tidur yang aman. Kelihatan juga bahwa mimpi-mimpi yang tidak menyenangkan secara emosional, yang berisi tema-tema kehidupan tema eksistensial, juga berisi kemungkinan paling besar untuk mengubah kehidupan nyata si pemimpi. Telah diperlihatkan pula bahwa kehidupan nyata berpengaruh terhadap mimpi. Ini paling jelas terlihat dalam analisis terhadap situasi-situasi klinis di mana mimpi dipandang relevan, misalnya dalam situasi khusus seperti trauma, pelecehan, atau anomali tidur, seperti kelumpuhan saat tidur.
Buku ini cukup menarik bagi teman-teman yang suka dengan dunia psikolog. Karena buku ini mempelajari tentang sebab-akibat sebuah mimpi. Oh ya, saya hampir lupa. Kalau di dalam buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang berkaitan dengan mimpi. Sehingga kesan yang diberikan dari buku ini bukan hanya tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar